Selamat Datang di Portal Sekolah

Pondok Ramadhan 1433 H / 2012 M


KEGIATAN PENINGKATAN KEIMANAN 
DAN KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA 
 PADA BULAN RAMADHAN
1433 H / 2012 M
TAHUN AJARAN 2012/2013

SEKOLAH DASAR NEGERI PULOGEDE I NO. 412
KECAMATAN TAMBAKBOYO
KABUPATEN TUBAN
2012



PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri dan rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. 

Untuk mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional tersebut menyangkut manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, SDN Pulogede I Tambakboyo akan menyelenggarakan kegiatan peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 

Sesuai tujuan Pendidikan Nasional khususnya dalam usaha menyiapkan anak didik memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa mempunyai peran yang sangat penting dan dapat dilaksanakan pada bulan ramadhan pada tahun 1433 H/2012 M. 

Dalam landasan instruksi bersama dan kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Timur, Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan daerah Provinsi Jawa Timur, tentang Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa pada bulan ramadhan 1433 H pada sekolah umum tingkat SD hal ini menunjukkan betapa pentingnya pembinaan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa bagi setiap siswa SDN Pulogede I sebagaimana yang dipersyaratkan oleh falsafah bangsa maupun negara. 

Kegiatan pondok ramadhan dan kegiatan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 1433 H/2012 M, merupakan alternatif yang patut diterapkan dalam rangka mengakomodasi segala potensi kejiwaan yang ada dalam diri siswa agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Dalam pembinaan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa ini sangat memungkinkan siswa untuk lebih menginternalisasi nilai-nilai agama islam yang menjadi substansi dan mata pelajaran pendidikan agama islam. 

Selama ini menujukkan adanya indikasi bahwa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan ranah kognitif, sehingga ranah afektif yang semestinya mendapat porsi lebih terabaikan. Hal ini dapat terdeteksi lewat hasil evaluasi belajar baik sumatif maupun ujian Akhir Sekolah. Dimana bentuk-bentuk soalnya meningkatkan segi kognitif sebagai tolok ukur keberhasilan siswa dalam mentransformasikan nilai-nilai agama islam ke dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Atas dasar konsep pemikiran sebagaimana terurai di atas, maka dalam laporan ini penulis menyusun laporan kegiatan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 

B. TEMA DAN SUB TEMA

Tema : Dengan Kegiatan Peningkatan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kita Bangun Kesadaran Hidup Dengan Kerja Keras Menuju Masyarakat Yang Maju, Relegius dan Bermartabat 

Sub Tema : SDN Pulogede I siap mensukseskan pembinaan Iman & Taqwa bagi para siswa.


C. TUJUAN

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa di SDN Pulogede I diantaranya adalah :
1. Meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya prestasi hidup.
2. Meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya penyucian hati
3. Meningkatkan pemahaman siswa tentang peranan pensucian hati dalam meraih prestasi
4. Siswa dapat mengetahui profile orang yang berprestasi dalam hidup sekaligus sebagai seorang penuntut ilmu..


D. DASAR PELAKSANAAN

1. Edaran Bersama Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Timur dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa timur, tanggal 7 Agustus 2012, Nomor : 420/3014/103.02/2012, tentang Hari Sekolah dan Hari Libur bagi Sekolah di Provinsi Jawa Timur 

2. Edaran Bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban Nomor: Kd.13.23/04/PP.00/1096/2012 dan Nomor: 420/5888/414.050/2012 tanggal 12 Juli 2012. 

E. SASARAN

Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa sangat penting dan sangat perlu diberikan pada anak-anak usia dini, maka dari itu SDN Pulogede I Kecamatan Tambakboyo akan melibatkan semua siswa yang beragama islam. Peserta tersebut antara lain:


F. WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan meliputi:
1. Pondok Ramadhan
    Hari : Senin s/d Sabtu
    Tanggal : 30 Juli 2012 s/d 4 Agustus 2012
    Waktu : Pukul 08.00 s/d selesai

2. Kegiatan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1433 H.
    a. Mengumpulkan zakat fitrah : 10 - 11 Agustus 2012
    b. Pembagia zakat fitrah : 13 Agustus 2012

G. TIPE PELAKSANAAN

Kegiatan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, SDN pulogede I menggunakan Tipe C, yaitu:
1. Sholat dhuha, kajian keagamaan, jama’ah sholat dhuhur.
2. Mulai pukul 08.00 s/d 13 WIB (jama’ah sholat dhuhur).
3. Pelaksanaan 6 (enam) hari.

H. KEPANITIAAN
     (Terlampir)

I. JADWAL DAN DOKUMENTASI KEGIATAN
   (Terlampir)

J. ANGGARAN
   (Terlampir)

K. PENUTUP

Demikian laporan Kegiatan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa di bulan ramadhan khususnya SDN Pulogede I kami susun dan tak lupa kami senantiasa menantikan saran dan kritik yang bersifat membangun, demi kesempurnaan laporan kegiatan ini.

Dan akhirnya atas bantuan moril maupun materiil dan segala sesuatu Sehingga membantu kelancaran Kegiatan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa penulis mengucapkan banyak terima kasih dan Allah SWT senantiasa membalas amal kebaikan saudara, amin, amin, amin ya rabbal ‘alamin.

L. LAMPIRAN

1. Susunan panitia kegiatan pondok ramadhan
2. Jadwal kegiatan Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3. Anggaran, pemasukan dan pengeluaran
4. Laporan kegiatan PHBI/NUZULUL QUR’AN
    KEGIATAN PENGUMPULAN AKAT
    KEGIATAN PEMBAGIAN ZAKAT FITRAH (MUSTAHIQ)
5. Daftar hadir peserta (siswa) (tanda tangan)



Pulogede, Agustus 2012 

Mengetahui:
Kepala SDN Pulogede I                                                              Guru Pendais,



GUNHARDI, S.Pd                                                                     MUTHOHADI, S.Pd.I
NIP. 19570424 197803 1 009                                                   NIP. 19590812 198603 1 021






DOKUMENTASI KEGIATAN






Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. SDN Pulogede I - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger